Dari peluncuran buku LAYOUT dasar & penerapannya


Dikutip dari:
http://desaingrafisindonesia.wordpress.com/2008/09/26/dari-peluncuran-buku-layout-dasar-penerapannya/

Hadir satu lagi buku desain karya anak bangsa yang memperkaya pengetahuan masyarakat tentang layout mulai dari dasar hingga penerapannya.

Buku ini oleh penulis diperuntukkan bukan saja bagi komunitas desain grafis dan para pekerja desain, namun juga dapat dinikmati oleh para pelajar, pemula, dan bagi siapapun yang ingin tahu lebih banyak mengenai layout.

Peluncuran buku karya Surianto Rustan ini diselenggarakan atas kerjasama Gramedia Pustaka Utama (GPU) selaku penerbit, Kinokuniya Books dan Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI). Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 18 September 2008. Bertempat di toko buku Kinokuniya, Sogo Lt. 5, Plaza Senayan, dan dihadiri tamu undangan dari kalangan industri komunikasi visual, serta dari kalangan mahasiswa/i, media komunikasi, dan masyarakat umum. Antusias para peserta dapat terlihat dari datangnya hampir 200 hadirin pada acara ini, sehingga banyak yang tidak mendapat tempat duduk. Peluncuran buku serta talkshow dengan tema “Peranan Layout dalam Media”, yang dijawab oleh para pakar di bidangnya, berlangsung seru selama kurang lebih 3 jam.

Setiap peserta yang telah mendaftar mendapatkan goody bag yang diisi beraneka suvenir, seperti buku dari Gramedia, Kinokuniya, sample paper dari Fortuna Fancy, sample paper dari CJ paper, tas berbahan tyvek dari Paperina, dll.

Acara diawali dengan pemberian ucapan selamat dari Bapak Nung Atasana selaku General Manager Pemasaran GPU sekaligus meresmikan terbitnya buku “Layout-Dasar & Penerapannya”. Kemudian acara dilanjutkan oleh Ibu Ninin selaku koordinator promosi GPU dengan memperkenalkan moderator dari FDGI, Caroline F. Sunarko dan kedua pembicara yaitu Surianto Rustan sebagai penulis buku dan Christofer Santosa.

Pada talkshow ini, Christofer Santosa, Creative Director dari Bridge Communication, menampilkan contoh-contoh karya yang pernah dibuatnya yang menjadi materi bahasan Surianto Rustan. Acara diselingi juga dengan sesi tanya jawab, dimana setiap penanya mendapatkan hadiah berupa buku “Layout-Dasar & Penerapannya” dari Surianto Rustan dan buku-buku terbitan Gramedia lainnya.

Sebelum acara diakhiri dengan ta’jilan bersama, diadakan penarikan doorprize dari para pendukung: Paper Gallery memberikan Swatch Book untuk kerjasamanya dengan WWF dalam program pembelian pohon di Kalimantan, Link&Match Graphic memberikan buku Basic Printing, R&W Publishing dan Mendiola memberikan buku Kamus Brand.

Seusai talkshow para hadirin yang telah membeli buku “Layout-Dasar & Penerapannya” segera menghampiri penulis untuk melakukan book signing, sambil melanjutkan obrolan santai dengan penulis.

• Surianto Rustan
Lulusan Trisakti tahun 1995 ini memiliki pengalaman bekerja dengan banyak perusahaan yang memberikan pengalaman tidak terlupakan. Bermula dari pekerjaan sebagai Creative Department Manager, kemudian Art Director lalu Graphics Consultant. Di sela-sela kesibukan di dunia desain grafis, beliau menyempatkan mengajar di Universitas Pelita Harapan.

Beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia dan luar negeri seperti: Metrodata Electronics, Jatis Solutions, Jazz Print Limited (New Zealand), CMP Medica (Singapore) pernah menjadi kliennya. Pengalaman di bidang multimedia khususnya web, menghasilkan website design untuk perusahaan-perusahaan: Indosat, Bayer, Pfizer, Tupperware, Datamini (Singapore), Jakarta Land, Sanwa–BRI Finance, ION Computer, Mitra Integrasi Informatika (Metrodata Electronics Subsidiaries), MSN Mobile Indonesia.

Diluar pekerjaannya sebagai praktisi desain grafis, banyak kelebihan yang dimiliki Surianto Rustan. Salah satunya dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk diajak bertukar pikiran maupun mengobrol. Pengalaman dan pengetahuan tentang dunia grafis banyak beliau bagi pada teman sejawat maupun anak didiknya.

Selama delapan tahun sebagai in-house graphic designer di beberapa perusahan swasta sampai tahun 2003 memberinya banyak inspirasi untuk membuat sebuah buku desain grafis. Simpel saja alasannya, karena tidak semua orang Indonesia dapat mengerti bahasa Inggris, dan buku ini dapat menjadi pilihan bacaan untuk mempelajari desain grafis. Selain menjadi praktisi, beliau juga menyempatkan diri menjadi salah satu dosen desain grafis di Universitas Pelita Harapan, jurusan Desain Komunikasi Visual.

3 comments so far

  1. Rendezvous on

    congratZZZ..

  2. endhi. on

    untuk mencari website tentang layout desain kita ke situs mana yang akan kita ketik ?

    • surianto rustan on

      Coba ke about.com, ketik kata kunci di search box-nya: ‘graphic layout’ atau ‘graphic design’.
      Selamat mencoba!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: