Workshop Layout di FKUI 18 Oktober 2008


Dikutip dari:
http://desaingrafisindonesia.wordpress.com/2008/11/02/reportase-workshop-fkui-18-oktober-2008-sophisticated-fair/

Sabtu 18 Oktober, sekalipun udara terik namun tidak menyurutkan semangat peserta workshop bernuansa desain di Fakultas Kedokteran UI Salemba bertajuk “Sophisticated Fair”. Sangat menarik, bahkan anak kedokteran pun belajar desain? Membuat penasaran apalagi ternyata acara ini dibuka untuk umum.

Acara ini dibagi 2 sesi. Sesi yang pertama dibuka dengan pengenalan dan training mengenai Adobe Photoshop dan Indesign. Disusul dengan pengarahan bagaimana me-layout yang baik dari Surianto Rustan yang baru saja menerbitkan bukunya berjudul “Layout Dasar & Penerapannya” September lalu.

Event ini terselenggara berkat kerjasama Media Aesculapius FK UI dengan berbagai sponsor yang turut menyemarakkan acara ini. Media Aesculapius memiliki misi mengembangkan wawasan anggotanya akan dunia jurnalistik, dan ingin berbagi dengan kaum awam melalui acara Sophisticated Fair yang digelar pada hari Senin, 14 Oktober sampai 18 Oktober lalu. Peserta yang hadir tidak hanya dari intern FK UI semata, tetapi juga dari berbagai institusi.

Acara workshop berjalan seru dan menyenangkan, apalagi saat salah seorang trainer acara, Surianto Rustan memberikan workshop dan pengarahan membawakan acara dengan sangat santai dan menyenangkan. Menurut Surianto Rustan, sesuai dengan temanya yang bertujuan untuk memasyarakatkan desain, ajang apapun harus dimanfaatkan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya. Sehingga dapat memberikan awareness kepada masyarakat tentang desain grafis yang salah satunya dituangkan dalam bentuk literatur, termasuk dengan menulis buku. Informasi mengenai hal ini harus terus diperkaya agar desain dapat dihargai. Jika tidak ada sikap dan perubahan, maka kita hanya akan mengeluh mengapa desain tidak dihargai. Hal ini memicunya untuk bersedia berbagi ilmu mengenai desain kepada siapapun juga.

Media Aesculapius sendiri memiliki arti yang sangat mulia, berasal dari kata aesculapius yang berarti dewa yang dapat menyembuhkan. Mereka yang tergabung di dalamnya mempunyai tugas menyebarkan informasi mengenai dunia kesehatan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit-rumah sakit di Indonesia. Dinda Arken Devona selaku pimpinan produksi memaparkan ide mencetuskan acara yang untuk pertama kalinya diadakan oleh Media Aesculapius ini yang bermula dari buku Surianto Rustan yang dilihatnya di salah satu toko buku di bilangan Jakarta Pusat. Mencari ilmu, memperkaya wawasan, serta membawa Media Aesculapius ke jajaran jurnalistik di Jakarta menjadi tujuan terselenggaranya acara ini.

Salut dan semoga banyak yang terinspirasi dengan acara ini yang tak hanya terbatas pada kesempatan dan peluang untuk juga merealisasikan acara yang sama. Maju terus desain grafis Indonesia!

Dikirimkan oleh Stella FDGI.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: