19 comments so far

  1. Fadiya Harry Satwiko on

    Bukunya bagus2, walau ada beberapa bagian yang tidak dikupas secara mendalam. Mungkin bisa direvisi pada edisi selanjutnya.
    Minta ijin mas, bukunya saya jadikan referensi untuk mengajar konsep desain di kampus saya di Medan. Walaupun cukup memakan waktu juga sampel2nya untuk dipindahkan ke powerpoint, banyak banget. Gak papa ya. Thanks untuk hasil karyanya. Semoga sukses dan terus memberikan manfaat bagi orang lain.

  2. surianto on

    Wah senang mendengar sharing Anda. Memang masih banyak kesalahan di sana-sini, memang sebuah buku harus terus dikaji supaya makin sempurna. Ditambah lagi dengan faktor tebal buku yang berhubungan dengan harga cetak dan pada akhirnya harga jual😦, takutnya jadi sekedar pajangan di toko buku dan visi masyarakat yang terdidik desain gagal terlaksana. Btw terima kasih atas kepercayaan dan supportnya. Sukses juga buat Anda! Salam.

  3. tieeFa mencari dunianya on

    wah saya pertamakali tau ada buku layoout dari dosen, direkomendasiin dari beliau..dan ga lama setelahnya saya sudah punya bukunya … BAGUS!

    bacaannya yang ringan dan visualisasinya yang “nggak biasa” bikin jadi tertarik buat baca,,,
    oya mau nanya..kalau untuk layout poster arsitektur bagaimana ya? ada tipsnya?

    • surianto on

      Halo Tieefa,

      Sori bgt nih baru njawab, posternya udah jadi kali ya🙂
      sepengetahuan saya, style, warna, layout dan segala elemen yang ada pasa poster, semua mengacu pada konsepnya.
      jadi yg paling arif adalah menggali problemnya lewat 5W 1H: why, what, who, when, where, how.
      dari situ baru beranjak ke visualisasinya.

      sebetulnya tdk ada satu ciri khas atau gaya tertentu untuk bidang tertentu, misalnya poster arsitektur berarti harus A, poster desain grafis harus B, dll, karena sama kayak logo, poster atau layout apapun itu adalah identitas jiwa event-nya atau perusahaannya / produknya.

      hehe pasti lom jelas deh.
      udah jawabnya lama, ga jelas pula. soalnya ini jenis pertanyaan yg ga bisa dijawab lewat tulisan, melainkan kudu panjang lebar secara langsung😦

      Salam suxes

      Surianto.

  4. chandra novian on

    maaf, numpang tanya, saya sudah beli buku ini (isinya bagus ^_^) tapi dengan versi kover yang lama… Apakah ada perubahan juga dalam isinya ya? . Oiya, sekalian info, saya memakai buku ini untuk patokan skripsi saya. Apakah ada referensi literatur dari dalam maupun luar negeri mengenai layout soalnya saya cari buku yang membahas spesifik tentang ilmu layout kok masih agak jarang ya🙂. trima kasih sebelumnya.

    • surianto on

      Halo Chandra Novian,

      Tepatnya bukan perubahan isi, melainkan penyempurnaan, tapi itu juga sedikit sekali.

      Mengenai literatur dalam negeri, memang hampir tidak ada, tapi dari luar negeri cukup banyak koq, beberapa diantaranya kamu bisa lihat list-nya pada daftar pustaka di halaman2 belakang buku tersebut.

      Mudah2an bisa membantu,

      Trims & salam suxes!

      Surianto.

  5. […] Cover ‘Mendesain LOGO’ dan ‘LAYOUT dasar & penerapannya’ edisi 2009 August 20096 comments 4 […]

  6. […] Cover ‘Mendesain LOGO’ dan ‘LAYOUT dasar & penerapannya’ edisi 2009 August 20096 comments 4 […]

  7. tio on

    Oke banget bukunya menjadi terinspirasi, aku udah punya fersi yang lama apakah fersi yang baru lebih bagus?

    • surianto rustan on

      baik yang logo maupun yg layout, edisi lama & baru dari segi isi tidak ada bedanya, hanya penyempurnaan yg sifatnya redaksional saja. terima kasih atas apresiasinya.

  8. tio on

    Kalo buku mendesain loga berapa harganya di gramedia, mohon infonya terimakasih

  9. rinu on

    Terimakasih pak bukunya yg mendesain logo membuat saya lebih faham tentang materinya meski saya kuliah tidak di jurusan Desain komunikasi Visual, tapi alhamdulillah beberapa bulan terakhir order desain logo saya ramai meski dari UKM-UKM kecil. Sekali lagi terimakasih

    • surianto rustan on

      wah suxes dengan desain2nya Mas Rinu. jaman sekarang mah latar belakang tidak terlalu penting, yang penting kualitas karya. betapapun kecilnya pekerjaan yg kita dapat, tapi kalau dikerjakan dengan sesungguh hati, dari nol bisa jadi sejuta. toh semua orang top mulainya dari nol juga, sama seperti saya dan Anda. jangan khawatir / ragu2 / takut. kegagalan dan keberhasilan kita bukan ditangan orang lain, tapi di tangan diri sendiri. suxeselalu!

  10. isa on

    Salam kenal Pak Surianto Rustan,… saya salah satu fans yang bangga bisa menemukan site ini. sebagai seorang desainer freelance, dan desainer koran, saya menemukan banyak hal dan ilmu dari membaca buku-buku karya Bapak. oh iya pak,… saya mo’ tanya tentang desain mata uang kertas. Apakah Bapak memiliki artikel ato bukunya?? mohon dishare, makasih sebelumnya..🙂

  11. Nadya on

    Mas, ini bukunya masih ada gak yaa?? Tolong dibalas yaa😦

  12. jasa web desain on

    Mantab mas desain anda keren2 juga..
    Ngomong untuk trend 2014 ini kira2 yang seperti apa yah?
    Ada gambaranya mas?


Leave a Reply

