Kata sambutan dari Prof. Drs. Yongky Safanayong


Yang paling signifikan dalam perkembangan tipografi sejak akhir abad 20 sampai kini adalah bagaimana tipografi dikembangkan dengan keterkaitannya, seperti: type dan form, form dan komunikasi, type dan komunikasi.

Seiring bertumbuhnya desainer grafis dan banyak orang yang terlibat dalam desain grafis atau desain komunikasi visual baru-baru ini – tidak luput dari kemampuan desain dan penguasaan teknologi komputer serta perangkat lunaknya – kini tipografi telah berubah dan berkembang menjadi unsur penting yang terpadu dalam komunikasi verbal dan visual, bentuk huruf sudah merupakan unsur yang berkenaan erat dengan komunikasi.

Seiring dengan era komunikasi seperti sekarang, tipografi sudah merupakan bentuk visual komunikasi yang sangat kuat, karena bahasa yang tampak ini menghubungkan pikiran dan informasi melalui penglihatan manusia, tipografi menjadi unsur vital dalam efektifitas komunikasi cetak dan elektronik.

Disamping mengulas dan mengeksplorasi komponen yang fundamental dari semua komunikasi tipografi, antara lain: istilah-istilah; klasifikasi dan keluarga huruf; ukuran; warna; pengetahuan tentang bentuk dan anatomi; organisasi visual dan interaksi antar bentuk dan makna, buku ini juga mempersembahkan topik-topik yang kritis bagi praktisi desain seperti legibility (sifat mudah dibaca) dan readability (sifat dapat dibaca), keduanya yang memungkinkan pertambahan kejelasan komunikasi. Selain itu, buku ini juga mengulas aspek-aspek yang mempengaruhi bahasa tipografi lainnya, yaitu teknologi proses typesetting dari yang lama sampai yang baru, serta memilih huruf yang baik, jelas dan sesuai dengan jenis pesan, media dan sasaran. Sejarah, dalam buku ini disajikan dalam timeline berupa image-image objek yang kontekstual dengan teknologi, politik, sosial-budaya dan ekonomi.

Keseluruhan buku ini, penulis berbagi suatu kompilasi informasi yang bernas, pengetahuan tentang huruf yang meliputi jajaran subjek-subjek yang terkait dalam desain tipografi, memberi wawasan dan informasi bagi mahasiswa desain komunikasi visual, desainer, serta menimbulkan apresiasi masyarakat pada keampuhan tipografi.

Prof. Drs. Yongky Safanayong.

6 comments so far

  1. asixplus on

    Menurut pengamatan saya, rata-rata typeface yang sering digunakan oleh designer sekarang ini kebanyakan adalah sans-serif. Mungkin akibat dari pengaruh style web 2.0, helvetica, univers, arial, dll adalah contohnya. Menurut pengalaman saya pribadi, butuh waktu untuk memahami tipe-tipe huruf serif. Terutama pada peng-aplikasi-an, serta kesan yang ditimbulkannya.

  2. surianto on

    Halo Mas Rofiki,

    Betul, tentunya tiap proyek desain punya spesifikasinya sendiri2 yang tidak bisa begitu saja disamaratakan, begitu pula pemakaian Serif atau Sans Serif.
    Btw, Di dalam buku nanti ada halaman pembahasan khusus tentang Serif VS Sans Serif🙂

  3. lumansupra on

    bukunya sudah di gramedia mas?
    saya di malang nyari kok susah ya? ^^

  4. Surianto Rustan on

    Halo Mas Lumansupra,
    HURUFONTIPOGRAFI belum terbit Mas, kemungkinan di akhir Desember😦 karena banyak hambatan teknis.

  5. yono on

    pak surianto buku mendesain logonya bagus…saya baru dpt buku beli buku ini dari pak tjipto DGI…lg nunggu kabar mau ngambil buku DKV pak yongky…

    • surianto rustan on

      Pak Yono,
      Terima kasih atas apresiasinya, semoga bukunya bisa memberi manfaat🙂
      Salam suxes!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: