Harga sebuah logo?


December 12, 2009 at 1:51pm
Pakabar Mas Surianto?(panggilannya apa Mas?).Saya mau nanya tentang menentukan harga sebuah desain Mas,khususnya logo. Mohon share pengalamannya Mas. Oya, saya dan mahasiswa memakai buku Mas sebagai referensi utama karena buku sejenis sangat langka. Dan berkat usulan saya jurusan kami sudah beli 5 buah buku mendesain logo…terima kasih Mas (panggilannya apa Mas?).

Surianto Rustan December 14, 2009 at 8:38am
Panggil saja Surya🙂. sebelumnya terima kasih atas kepercayaannya untuk menggunakan buku tsb sebagai referensi dlm pengajaran. tentang harga sebuah desain (baik logo maupun desain lainnya), sangat bergantung pada antara lain: sejauh mana riset yang dilakukan (baik riset terhadap entitasnya, riset pasar produk tsb, riset konsumen, dll), apakah riset tsb menggunakan tenaga pihak ketiga? apakah riset dilakukan sampai ke luar kota atau bahkan keluar negeri? makin luas dan dalam riset yg dilakukan, maka harga desain makin mahal. ingat bahwa mendesain sangat bergantung pada riset. kedua..

Surianto Rustan December 14, 2009 at 8:43am
seberapa besar entitas tersebut? apakah ia sebuah grup perusahaan yg memiliki banyak anak perusahaan, atau ia adalah hsil konglomerasi beberapa perusahaan, apakah jangkauannya multinasional atau lokal saja, apakah Tbk? bagaimana laporan keuangannya? dll. besar kecilnya perusahaan mempengaruhi harga desain, alasannya: semakin besar jangkauannya, maka desain yg akan kita buat itu nantinya akan digunakan secara luas dan dilihat oleh makin banyak orang, lalu makin luas dan besar si entitas, maka tanggung jawab desainer utk membuat desain yg efektif akan makin besar > makin berat tanggung jawabnya. ketiga..

Surianto Rustan December 14, 2009 at 8:47am
kompleksitas pekerjaan. biasanya makin besar dan luas si entitas, maka pekerjaan akan makin kompleks, misalnya kita hrs membuat sebuah logo grup dengan 9 anak perusahaan yg masing2 ingin tetap terlihat sbg satu kesatuan. problem juga termasuk dlm kompleksitas. misalnya lion air yg mau redesign logonya, sedangkan mereka sendiri byk dirundung masalah keamanan penerbangan > orang makin kurang percaya thdp mereka.

Surianto Rustan December 14, 2009 at 8:49am
saya rasa sekian dulu Mas, jadi yg perlu dicamkan oleh desainer pertama2 adalah riset. lah bagaimana kita bisa menghasilkan desain yg efektif apabila tidak tau apa2 problem entitasnya? jd definisikan dulu problem si entitas, lalu baru kita bisa cari solusinya > dlm bentuk desain.

December 14, 2009 at 9:57am
wew..sip Mas Surya, it’s cool…terima kasih byk Mas…saya akan menerapkannya…jangan bosen2 ya Mas…🙂

Surianto Rustan December 14, 2009 at 2:15pm
Silahkan Mas, jgn sungkan🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: