Konten, warna & font untuk brosur?


Matius Sasongko December 31 at 9:50am
Pak, saya sedang membuat desain brosur sekolah saya. Sebenarnya data2 apa saja yang harus menjadi prioritas untuk dimasukkan dalam brosur tersebut? Lalu berapa ukuran font yang ideal untuk brosur? Bagaimana cara menentukan warna dominan untuk brosur sekolah teknik? Mohon pencerahannya Pak. Terima kasih banyak. Merry Christmas n Happy New Year

Surianto Rustan December 31 at 10:42am
Data2 yang menjadi prioritas? ya harus ditilik lagi, apa tujuan STM Strada membuat brosur tersebut? apakah untuk mempromosikan tentang penerimaan murid baru? atau promosi fasilitasnya? atau apa? brosur itu kecil bentuknya, jadi harus fokus, tidak bisa semua maksud dimasukkan di situ, jadinya malah tidka fokus. Cari satu saja fokus yang ingin disampaikan, maka orang jadi lebih mudah mengerti pesannya.

Berapa ukuran font ideal untuk brosur? untuk judul pasti beda ukurannya untuk isi naskah, untuk judul biasanya besar2 karena tujuannya untuk menarik perhatian. sebelum mendesain, kmpulkan dulu teks yang ingin dicantumkan, lalu bikin urutan prioritas, misal: prioritas 1: judul, 2: nama acara, 3: lokasi, tanggal, pembicara, 4, 5, 6, dll. Prioritas 1 harus paling menarik, maka itu dibuat berukuran besar, warna yang mencolok, posisi yg strategis, prioritas 7 harus paling tidak menarik, karena hanya sbg info tambahan misalnya, jadi berukuran kecil sekali, dan ditempat yg kurang strategis, misal paling bawah halaman.

Jadi hirarki ini semacam memberitahu orang: “baca yg ini dulu ya, baru baca yang ini, lalu ke bawah sini, dst.”, dengan demikian tidak acak2an & kemungkinan pesan bisa ditangkap oleh pembaca dengan baik.

Warna dominan untuk brosur sekolah teknik? tidak ada peraturan sekolah teknik harus memakai warna A, atau B, sesuaikan saja dengan apa yang ingin disampaikan, apabila ingin menyampaikannya dengan gembira dan berjiwa muda, silahkan pakai warna2 warm, sebaliknya bila serius dan supaya terkesan profesional, mungkin pakai warna2 cool. Paling banyak orang menggunakan warna sesuai warna sekolahnya, kalau saya sih tidak menganjurkan demikian. Ini brosur, bukan kartu nama atau kop surat. brosur lebih untuk berpromosi & berkomunikasi dengan publik, sedangkan kartu nama atau kop surat harus sangat menggambarkan entitasnya termasuk pakai warna2 entitasnya.

Demikian Mas Matius Sasongko,

Mudah2an jawaban singkat ini bisa membantu,

Merry X-mas & Happ New Year 2011 juga!

Matius Sasongko December 31 at 10:50am
Terima kasih banyak Pak..

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: