Sharing tipografi di DKV UBM 3 Mei 2011



Diawali oleh MC, yaitu Tamariska acara dibuka pk. 9.00 oleh Bp. Sru Setyohadi sebagai Ketua Jurusan DKV Universitas Bunda Mulia. Dalam kata sambutannya Bp. Sru mengungkapkan perbedaan yang dialami dalam menerapkan tipografi antara masa lalu dengan masa kini yang semakin mudah. Namun demikian, ditekankan pula bahwa walaupun menjadi semakin mudah, tetap dan sangatlah perlu untuk mempelajari tipografi dalam kebutuhan mendesain karena tantangan mendesain juga semakin berkembang pesat.


Dengan dimoderatori oleh Ibu Henny Hidajat pembicara pertama, yaitu Bp. Surianto Rustan membawakan materi mengenai Tipografi. Diawali dengan perkenalan diri, dalam materinya Bp. Surianto menjelaskan bahwa huruf adalah elemen desain yang tidak boleh disepelekan. Huruf memiliki ‘jiwa’, ‘raga’, dan struktur yang perlu dikenali dan dioptimalkan dengan kepekaan dan penghargaan.


Dalam kesempatan ini ditampilkan pula aneka penerapan huruf yang menarik, baik yang baik maupun yang kurang. Mahasiswa tampak menyimak dengan serius dalam mencerna materi Bp. Surianto. Pada kesempatan tanya jawab beberapa pertanyaan pun dilontarkan, seperti : mengapa dalam presentasi digunakan font Calibri, bagaimana proses penyusunan buku-buku Bp. Surianto, bagaimana mengantisipasi klien yang memaksakan keinginan, ataupun cara menyusun konsep yang sesuai teori dan sekaligus enak dilihat. Kepada dua penanya terbaik Bp. Surianto menghadiahkan buku “Lay Out Dasar dan Penerapannya”.

Bersama Ketua Jurusan DKV UBM: Pak Sru, Dosen Tipografi Troy Fitchu Tanalisan, dan pembicara tamu Adityayoga Gardjito

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: