6 comments so far

  1. asixplus on

    “seberapa kuat keinginan kita itu utk berhasil” I love your quote Pak!…Sangat menguatkan diri saya untuk terus belajar tanpa henti meski sudah dimakan umur..hihihi..Karena sampai kapanpun saya tetap bercita-cita menjadi Great Designer..Kira-kira menurut pandangan bapak gimana sih seorang Great Designer itu?.Terima kasih, Pak.

    • surianto rustan on

      Halo Mas Asixplus,
      yg sering saya baca, malah si great designer ga pernah menyadari dirinya great, mereka biasanya pasang kacamata kuda & fikus pada tujuan hidupnya & bekerja keras utk meraih tujuan itu, ga peduli pendapat orang mengenai dirinya. mereka juga biasanya haus ilmu, wawasan luas, banyak baca, dengar, gaul, banyak tanya, bukan tipe desainer yg ga pernah keluar kamar & modal internet saja. Salam suxeselalu!

  2. wilfried harry krismasto on

    wah pembicaraan diatas sudah mewakili pertanyaan saya juga, saran2 bagus dan teknik2 yg mas surianto bisa bermanfaat bagi saya, thanx berat, saya baru sadar bahwa yg dinilai dari desain logo bukan bagus dan indahnya visualnya, tapi proses itu sendiri & bisa memberikan solusi bagi klien, btw saya juga pernah kasih “tag” ke mas surianto beberapa hasil karya desain logo saya, saya jd ngerti maksud mas mengapa kok gak ditanggapi atau tidak anda komentari…memang itu kembali dari ke bermanfaatan kepada klien…keberhasilannya atau baik buruknya logo bila bisa memecahkan permasalahan klien…hehe, harap maklum mas cuma desainer awam…jadi masih banyak belajar…

    • surianto rustan on

      Halo Mas Wilfred, mohon maaf karena tidak menangapi karya2 Anda, bukan karena saya tidak mau, tapi mohon maklum krn keterbatasan waktu shg tidak setiap karya yang di tag oleh teman2 lainnya juga tidak saya tanggapi. Btw terima kasih atas tanggapannya & smg kita semua makin mengerti siapa diri kita & apa yg bisa kita lakukan utk kesejahteraan diri sendiri & masyarakat sekeliling kita.

  3. Fajri on

    cakep om, harus sering2 namu di sini ni biar banyak belajar

    oh iya om dari pembicaraan tsb ada yang mau saya tanyain ni
    gmn caranya kita bisa menemukan seorang real client?

    kalau buat saya pribadi ikut kompetisi2 itu ga buat cari uang ( walau ada rasa itu ) tapi buat
    menajamkan penglihatan ( arahan dari si CH memalalui design brief nya ) dan juga untuk mengumpulan
    portofolio. jadi nanti kalo uda cukup pengen coba buat proposal pengajuan kerja sama kebeberapa
    tempat untuk nawarin buat logo dll.
    dengan cara tsb bagaimana menurut om rustan??

    tks om salam kreatif !!!😀

    • surianto rustan on

      Desainer kan tidak saya sendiri, tidak kamu sendiri, tapi kita tahu banyak desainer lain di luar sana dan kita saling terikat satu sama lain. Lha bagaimana bisa? sangat bisa, lha kalau seorang klien kenal dgn seorang desainer yg kualitas karyanya rendah, maka si klien langsung dapat brand image tentang desainer: “oh desainer kerjanya begini ya, mungkin semua desainer begini kerjanya”. hasilnya? saya dan Anda juga kena dampak dari kejadian itu: brand image saya dan anda rusak di mata masyarakat. Nah persis seperti itulah yg ada di masyarakat saat ini, mereka tahunya desainer itu murah, desain itu tdk perlu ketemu muka dg klien, desain itu cepat dan gampang bikinnya, kan ada software komputer, kan ada template, dll.

      Poin penting yg saya mau katakan adalah:
      Masing2 desainer punya tanggung jawab moral untuk mendidik masyarakat tentang apakah desain itu, siapakah desainer itu. Seluruh tujuannya hanya satu: desain dan desainer mendapat penghargaan yang proporsional di masyarakat. Brand imagenya baik.

      Nah, sekarang semua terserah saya dan Anda🙂


Leave a Reply

