2 comments so far

  1. disya on

    kalo ukuran font yg dipake buat nama brand atau perusahaan kita, bagusnya brp ya pak?:)

    • surianto rustan on

      halo🙂

      ini saya asumsikan kita masih di media kartu nama ya, bukan di media lain.
      nama brand kan biasanya sudah berupa logo. WAIT! kudu satukan persepsi dulu nih, bahwa logo itu bukan cuma gambar, tapi merupakan keseluruhan lambang yg mewakili brand tsb, tmsk gambar & tulisan nama perusahaan / produk. jadi baik gambar & tulisan pada logo tsb sudah jadi satu kesatuan yg tak terpisahkan, kecuali skenario logonya mengatakan bahwa mereka boleh saling berdiri sendiri. untuk itu silahkan mengacu pada pedoman identitas brand Anda, atau yg sering disebut dg istilah graphic standard manual (GSM).

      nah, apabila yg Anda maxud ukuran font itu adalah ukuran font pada tulisan nama di logo perusahaan Anda, maka bila tulisan nama tersebut bersanding dengan gambar (menjadi satu kesatuan logo yg terdiri dari gambar & tulisan), maka ukurannya hrs mengikuti rasio dr gambar tersebut, tidak bisa seenaknya mengganti2. jadi silahkan mengacu pada GSM brand Anda.

      tapi bila skenarioanya mengatakan bhw tuisan nama tsb bisa berdiri sendiri menjadi logo yg sifatnya tipografis (di Indonesia org sering menyebutnya dengan istilah logotype – yg menyulut salah kaprah lebih besar lagi krn menciptakan istilah baru: logogram yg ditujukan bagi gambar pada logo > makin runyam), maka silahkan mengubah-ubah ukurannya.

      namun begitu, seharusnya (dan pada umumnya) semua skenario sudah diatur dalam GSM. mungkin lebih tepatnya begini: seharusnya Brand Anda punya GSM. GSM mengatur semuanya: ukuran logo, perbandingan antara ukuran tulisan dan gambar pada logo, gambar dan tulisan di logo bisa dipisah atau tidak, perbandingan ukuran logo terhadap ukuran media, di kartu nama, di kop surat, dll.

      apabila Anda tidak yakin dan tidak mengerti dengan semua yg saya katakan, sebaiknya jangan bertindak sendiri, silahkan hubungi departemen kreatif di kantor Anda atau orang yang kompeten di masalah tersebut. Mengingat logo adalah harta perusahaan yg harus dilindungi dan dihargai, karena merupakan wajah Brand yang mewakili seluruh kepribadian perusahaan.

      Demikian, salam suxes!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: