14 comments so far

  1. adi setia utama on

    benr bgt tu,,,,
    saya hanya lulusan SMK tehnik dan jaringan
    tp sekarang saya bekerja sebagai designer grafis di perusahaan di jakarta
    saya bagian design sarung tablet…jauh bgt kan dengan design..
    saya belajar design grafis dengan otodidak..bahkan tidak ada satupun guru..
    saya hanya tertarik dengan design sejak saya menginjak di kelas 2…sma..
    saya dulu hanya melihat orang mendesign undangan dari situ saya mulai tertarik untuk masuk dunia design..
    saya hanya belajar di warnet,,,maklum dulu saya tidak mampu untuk beli laptop.ataupun komputer,,jadi saya hanya modal flasdisk 8gb,,,,untuk menyimpan program design tp yang versi portable nya….tiap hari saya belajar dan terus belajar,,cari referensi di internet…dan hasil nya pada penghujung kelas 3,,istilah sekarang perpisahan…saya di percaya teman2 dan guru saya untuk mendesign sebuah buku dan kertas nya untuk sekolah..dari sini saya mulai percaya diri dan terus mengembangkan kreatifitas…
    inti nya jangan pernah putus asa,,ada kemauan,,,di situ pasti ada jalan
    dan bener bagt kata surianto design grafis berhubungan erat dengan bahasa inggris,,saya dulu juga tidak bisa,,saya belajar dari mendengarkan lagu,nonton film,baca2 blog bhs inggris,,
    dan hasil nya sekarang saya rasakan,,,
    saya hanya memakai photoshop,illustrator,dan corel
    dari design grafis saya bisa makan,,yang dulu ng mampu beli laptop sekarang bisa,,,
    dan satu lagi saya dari kampung,,,coba mengadu nasib di jakarta…ternyata otak orang kampung ng kalah sama orang kota,,,,yang pasti jangan minder..jangan malu untuk belajar..
    dan terakhir ngak perlu harus kuliah,,kalo emang blum bisa..
    kalo kita mau di internet semua ada…sekarang hidup sudah di permudah dengan internet sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas ini dengan baik dan benar..
    ini di ambil dari pengalaman pribadi
    there’s a will,,there’s a way
    terima kasih ..mf ikut koment….
    saya hanya ingin berbagi

    • wildan on

      Pak rustan saya mau bertanya ,

      Semoga dalam keadaan sehat ,
      Saya mau bertanya pak, untuk saat ini saya kuliah di jurusan manajemen informatika, dan awalnya saya masuk di jurusan tsb berkat kemauan orang tua ,

      dan yang saya alami saya lebih suka belajar design grafis bukan pemrograman , bahkan profesi saya saat ini kerja di percetakan sebagi design juga , menggunakan coreldraw, freehand dan photoshop.

      skg saya sudah smester 3 dijurusan MI dengan IPK yang kurang memuaskan dibawah 2 ,

      Yg saya mau tanyakan saya pindah kuliah ke jurusan design atau berhenti kuliah ?

      Terimakasih pak , semoga bpk sempat untuk memberikan pencerahan untuk langkah saya .

      Wildansyah
      Dari Bekasi

    • Ibenk prakoso on

      Mas,bsa mnt referensi gk buat blajar desain…saya pgn belajar desain tpi keterbatasan ekonomi…trima kasih mas

      • surianto rustans on

        Halo Mas Ibenk,
        saya & teman2 baru membentuk sebuah komunitas desain non-profit alias gratis. acaranya berupa sharing ilmu & karya antar teman2 pemula. kalau Mas domisili di jabodetabek, mungkin bisa mampir ke acara tsb. karena mungkin dengan bersama2 kita bisa saling membantu.
        bila tertarik, mohon email saya di: rustangrafis(at)gmail(dot)com
        Terima kasih.

  2. jasa desain grafis on

    Bener banget, saya juga g kuliah, alis kaga lulus dikarenakan keungan..
    Sudah 5 tahun saya bekerja sebaga web desain, desain grafis, saat ini saya membuka sendiri😀

    Salam sukses, MDesain.com

  3. desaingrafisphotoshop on

    Yang penting ada kemauan pasti ada jalan kok..🙂

  4. gio on

    slamt mlm pak.surianto ?
    knalkan sya gio ,,
    sya ingin brtanya kpda bpak tntang jurusan kursus komputer ?
    menurut bpak jurusan komputer yg ke depannya baik buat cri krj itu jrusan apa y pak ?
    dan sya ingin kursus komputer jrusan progammer ,tp sya cuma sdikit tahu tntang jrusan itu ?
    sekiranya bpak surianto tidak keberatan untuk memberi penjelasan kpda sya tntng jrusan progammer itu ?
    terima kasih sbelumnya

  5. surianto rustan on

    Halo Mas Gio,
    mohon maaf saya kurang tau tentang jurusan komputer, mungkin bisa ditanyakan pada teman saya yg jurusan komputer. silahkan hubungi dia di Facebook: https://www.facebook.com/andrekwan?fref=ts
    Mudah2an bisa membantu.

  6. gio on

    terima kasih bnyak atas saranya bpk surianto

  7. julia on

    selamat pagi pak. nama saya julia. saat ini sedang merantau menjadi TKI. saya juga tertarik ingin menekuni desain grafis. berawal dari hobby saya yang suka membuat caricature secara manual. hingga belajar menggambar dengan Digital. sampai akhirnya saya mengenal apa itu desain grafis. belajar mendesain poster semua itu saya belajar sendiri. sampai akhirnya saya dikenalkan dengan seorang Dosen desain grafis yang sedang kuliah di negara tempat saya berkerja. memang benar pak menggambar atau software bisa dipelajari sendiri tapi belajar secara formil wawasannya lebih luas tentang desain. sepertinya saya pun tidak mampu jika kuliah S1 jika ada program kursus D1/D2 Saya juga mau pak.

    terimakasih

    • surianto rustan on

      Halo Julia,
      Sekolah dkv D1 di Jkt ada koq, tp sy tdk tau soal mutunya, kalau ingin lebih jelasnya, baiknya kita ngobrol pribadi via email ke: rustangrafis(at)gmail(dot)com
      Terima kasih.

  8. Takatik on

    Yang namanya ilmu memang nggak harus kuliah kok. Saya mahasiswa(drop out) jurusan DKV dari Telkom University, seringkali saya menemukan orang yang skill desain grafisnya melebihi orang-orang yang sudah kuliah. Nggak sedikit pula yang sudah bisa membuka jasa dan mendulang royalti darinya.

  9. Sugeng Sucipto Riyadi on

    Saya sendiri kuliah jurusan DKV, tapi kebanyakan ilmu yang saya gunakan sekarang saya dapatkan dari hobi membaca seputar desain, entah itu dari internet ataupun buku. Saya juga sering berdiskusi diforum forum sambil nyari ilmu.. Dari apa yang saya baca, saya tuliskan kembali pada sebuah blog yang Alhamdulillah sekarang ini sudah disupport dari ADSENSE , dari situ saja saya sudah dapat memperoleh uang 1-2jt/bulan. Sekarang saya bekerja sebagai freelancer dirumah.. Bahkan beberapa software saya pelajari sendiri sebelum kuliah, atau bisa dibilang jaman SMA sudah bisa seperti Photoshop dan Corel.

    • surianto rustan on

      Mantabh Mas Sugeng, mudah2an cerita Anda bisa menginspirasi teman2 tentang pentingnya niat kuat & kerja keras.


Leave a Reply

